Topik Materi : RPP Sistem Reproduksi (Laki-Laki)
1. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mengagumi, menjaga,
melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup,
objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah (jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan
diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
3.12 Menganalisis hubungan antara
struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fugsinya dalam proses
reproduksi manusia melalui studi literature, pengamatan, percobaan, dan
simulasi
Indikator:
3.12.1 Menyebutkan organ organ
penyusun sistem reproduksi laki-laki.
3.12.2
Menjelaskan fungsi organ-organ penyusun sistem reproduksi laki-laki.
3.12.3
Menjelaskan fungsi hormon kelamin pada laki-laki
3.12.4
Menghubungkan tahapan proses gametogenesis pada laki –laki.
3.12.5
Menyebutkan kelainan pada sistem reproduksi laki laki
2. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pengamatan, diskusi, studi
literatur, percobaan, simulasi dan pengisian LK peserta didik mampu
menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem
reproduksi laki-laki
dan mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme proses spermatogenesis serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem reproduksi laki-laki dengan menanamkan tanggung jawab, percaya diri
dan kerjasama
3. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Waktu : 2 x 45 menit
a. Kegiatan Awal (15 menit)
Tahapan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pembukaan
|
· Mengucapkan
salam serta mengkondisikan siswa dalam
kelas, berdoa, mengecek
kehadiran siswa.
|
·
Menjawab salam dan menunjukkan sikap siap untuk belajar, berdoa bersama
|
3 menit
|
Apersepsi
|
·
Apersepsi dengan menanyakan hal yang berhubungan dengan, seperti: Materi apa yang kalian pelajari
sebelumnya? Apa yang kalian ketahui tentang penyakit atau kelainan sistem
reproduksi?
|
· Berpikir dan
menjawab pertanyaan dari guru.
|
10 menit
|
Motivasi
|
· Memberi pujian
kepada siswa yang menjawab.
· Memngarahkan
siswa menuju pelajaran pokok yang akan di pelajari.
· Mengkomunikasikan
KD dan tujuan pembelajaran.
|
· Memperhatikan dan
menjawab pertanyaan dari guru
|
2
menit
|
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
Tahapan
|
Kegiatan pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pembagian kelompok
|
·
Guru memberi tahu siswa membentuk 6
kelompok.
·
Guru memberi Gambar tentang sitem
reproduksi laki-laki.
|
· Siswa membentuk
6 kelompok dan memperhatikan pendemonstrasian oleh guru.
· Siswa
memperhatikan gambar yang di berikan guru. (mengamati)
· Siswa bertanya
tentang gambar yang di jelaskan guru. (bertanya)
|
5 menit
|
Pembagian nomor
|
· Guru membagikan
peserta didik berdasarkan nomor yang telah di siapkan.
|
· Mengambil nomor
· Berkumpul pada
kelompok yang telah ditetapkan dengan nomor yang berbeda-beda.
|
5 menit
|
Mencari data
|
·
Guru memberikan LKS yang berisi sub topik permasalahan sesuai
dengan indikator pembelajaran yaitu tentang struktur
reproduksi laki-laki, fungsi organ sistem reproduksi , hormon yng
mempengaruhi dan proses spermatogenesis
·
Setiap orang di dalam
kelompok melakukan studi literatur atau browsing sesuai dengan
permasalahan yang terdapat di dalam LKS yang di bagikan guru.
·
Setiap nomor yang sama di beberapa kelompok mengerjakan soal
yang sama
·
Guru menilai keaktifan tiap kelompok siswa yang sedang
berkejasama.
|
·
Menerima
LKS dan mendengarkan pengarahan guru
·
Berdiskusi
dengan teman kelompok mengenai system reproduksi manusia yang
telah tersedia pada LKS yang telah diberikan
· mengumpulkan data mengenai permasalahan yang
dibahas (mencoba)
· Siswa bekerja
sama dengan teman sekelompoknya untuk menganalisis dan mendiskusikan hasil
browsing. (asosiasi)
|
30 menit
|
Presentasi
hasil
|
·
Guru menunjuk salah satu nomor dan yang di tunjuk
mempresentasikan hasilnya sesuai dengan yang di kerjakan.
·
Guru menilai
berdasarkan presentasinya.
·
Memberikan kesempatan kepada siswa dengan nomor yang sama untuk
menambahkan hasil presentasi temanya.
|
·
Peserta didik yang di tunjuk guru mempresentasikan hasil dari
pencarian data .(komunikasi )
·
Peserta didik yang lainya mendengarkan presentasi temanya.
|
30 menit
|
c. Kegiatan Akhir (5 menit)
Tahapan
|
Kegiatan pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Evaluasi
|
· Guru mengevaluasi ketercapaian peserta didik
di tiap indikator dengan menunjuk empat siswa dan tiap siswa menyampaikan
hasil ketercapaian sesuai indikator
1. sebutkan
organ penyusun sistem reproduksi
laki-laki bagian luar dan
dalam ?
2. Sebutkan salah satu fungsi organ bagian
dalam dan luar beserta fungsinya?
3. sebutkan
hormon hipofisis
pada laki-laki beserta fungsinya
4. bagaimanakah tahapan spermatogenesis
yang kalian ketahui
5. Sebutkan gangguan apa saja yang terdapat pada sistem
reproduksi laki-laki?
|
· 1 nomor
dari tiap kelompok yang dipilih oleh guru untuk
menyimpulkan hasil diskusi di depan kelas.
|
3 menit
|
Penutup
|
· Guru menutup
pembelajaran serta mengingatkan kepada siswa untuk mempelajari materi dipertemuan selanjutnya
· Guru mengucapkan
salam.
|
· Siswa mendengarkan penjelasan guru dan menjawab
salam
|
2 menit
|
H. Penilaian
Penilaian
|
Teknik
|
Bentuk instument
|
Afektif
|
Pengamatan aktivitas
|
Lembar observasi
|
Kognitif
|
LKS , tes terulis
|
Rubrik
|
Psikomotor
|
Pengamatan kinerja
|
Rubrik
|
1.
Afektif
Lembar Observasi
2.
Kognitif
Penilaian
tertulis pilihan ganda
Penilaian LKS(terlampir)
3. psikomotorik
Penilaian kinerja
Mengetahui Tangerang
Selatan, 18 Maret 2020
Kepala SMAN 6 Kota
Tangerang Selatan Guru
Mata Pelajaran Biologi
(Drs. H.
Agus Hendrawan,M.Pd) (Diani
Atika, S.Si., M.Pd)
NIP. 19650615
199111 1 001 NIP.
19820909 201101 2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar